Rabu, 13 Juli 2011

Indonesia akan Gelar World Batik Summit 2011


Jakarta - Indonesia akan menggelar World Batik Summit 2011 bertajuk "Indonesia Global Home of Batik" yang rencananya akan diselenggarakan di Balai Sidang Jakarta Convention Center, 28 September - 2 Oktober 2011.
"World Batik Summit (WBS) ini diharapkan dapat membangun antusiasme batik secara internasional dan mendukung praktisi dan penggemar batik di seluruh dunia," kata Sekretaris Kabinet Dipo Alam, yang juga merupakan salah satu pendiri Yayasan Batik Indonesia dalam acara peluncuran WBS di Jakarta, Senin.

Menurut Dipo, acara tersebut juga bertujuan untuk membangun ikatan yang kuat di antara negara-negara penghasil batik dengan para penggemar batik.

Ia juga mengutarakan harapannya agar WBS akan dapat menghasilkan terbentuknya suatu forum bagi pengrajin dan industri batik di seluruh dunia.

Sementara itu, Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu mengatakan, dalam WBS ini juga akan diadakan Konferensi Batik Dunia yang akan dihadiri oleh 1.000 delegasi baik dari nasional maupun internasional.

Para delegasi tersebut akan melibatkan antara lain pakar fesyen, praktisi, akademisi, pemasar, dan penggemar batik dari seluruh dunia.

Mari juga menuturkan, dalam WSB juga akan terdapat "Book Corner Exhibitions" atau Eksibisi Sudut Buku tentang batik.

"Di sana akan terdapat beragam buku uang membahas batik dari berbagai bahasa, jadi tidak hanya Inggris," katanya.

Ia mengemukakan, eksibisi batik sendiri akan menjadi ajang promosi bagi produsen batik, praktisi, pengrajin, dan industri melalui pameran berskala dunia.

WBS yang dijadwalkan akan dibuka oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono itu didukung oleh pemerintah Indonesia bekerja sama dengan Yayasan Batik Indonesia.

Sebagaimana diberitakan, batik sebagai warisan tradisi kesenian dan kebudayaan telah diakui oleh UNESCO sebagai "Intangible Cultural Heritage" pada tanggal 2 Oktober 2009.


http://www.antaranews.com/berita/266856/indonesia-akan-gelar-world-batik-summit-2011 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar